Riyadi's Blog

Menggagas Wacana Guru Blogger

Pendekatan Saintifik dalam Bahasa Indonesia

Contoh Kegiatan Pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Saintifik

Kompetensi Dasar : Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
Topik/Bahasan : Perbedaan teks hasil observasi dan teks deskripsi berdasarkan strukturnya
Alokasi Waktu : 1x pertemuan (2 JP)
Tahapan Pembelajaran Kegiatan
Mengamati
  1. Peserta didik membaca teks laporan observasi       melalui buku teks siswa halaman 5
  2. Peserta didik membaca informasi mengenai struktur teks hasil observasi di buku teks siswa halaman 6 – 7
Menanya
  1. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda masalah yang relevan dengan bahan pelajaran
  2. Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, siswa memilih dan merumuskan salah satu di antaranya (struktur dan ciri-ciri bahasa)
Mengumpulkan data/eksperimen
  1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa secara berkelompok untuk mencari tahu tentang hal-hal yang berhubungan dengan struktur teks hasil observasi melalui kegiatan membaca literatur di perpustakaan atau internet sekolah
  2. Peserta didik membaca teks hasil observasi pada halaman 10
  3. Peserta didik mengenal dan mendiskusikan struktur teks hasil observasi tersebut dengan menggunakan tugas 2 halaman 10
Mengolah informasi/ Mengasosiasikan
  1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa secara berkelompok untuk mengolah informasi yang diperoleh dari hasil kegiatan sebelumnya untuk memperluas, memperdalam, atau mencari solusi dari masalah terkait materi
  2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memverifikasi sehingga dapat menemukan konsep tentang struktur teks hasil observasi
Mengkomunikasikan
  1. Peserta didik melaporkan struktur teks hasil laporan observasi

 

Iklan

23 Juni 2014 - Posted by | Presentasi |

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: