Riyadi's Blog

Menggagas Wacana Guru Blogger

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII (Teks Eksposisi 3)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : Klasifikasi teks eksposisi
1. Eksposisi argumentative
2. Eksposisi persuasif
Tema : Remaja dan Pendidikan Karakter(Teks Hasil Eksposisi)
Subtema : Remaja dan Pendidikan Karakter
Alokasi Waktu : 9 x 40 menit (3 x Tatap Muka)

S. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

T. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.4 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.3 Memiliki perilaku jujur, dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linier
3.3. Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
1) mengklasifikasi teks eksposisi argumentasi secara lisan
2) mengklasifikasi teks eksposisi argumentasi secara tertulis
3) mengklasifikasi teks eksposisi persuasifsecara lisan
4) mengklasifikasi teks eksposisi persuasifsecara tertulis

4.3. Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
1) Menelaah judul teks eksposisi
2) Menelaah tesis teks eksposisi
3) Menelaah eksposisi pendukung thesis
4) Menelaah bahasa teks eksposisi: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
5) Merevisi isi dan bahasa teks eksposisi

U. Tujuan Pembelajaran
9. Siswa menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara lisan dan tulis sebagai bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
10. Siswa menunjukkan perilaku jujur dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linier
11. menunjukkan perilaku kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linier
12. Diberikan model teks eksposisi, siswa dapat menjelaskan struktur teks hasil eksposisi
13. Diberikan model teks eksposisi, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri bahasa (fitur bahasa) teks hasil eksposisi
14. Diberikan model teks eksposisi , siswa dapat memaknai kata dan istilah yang terdapat dalam teks hasil eksposisi
15. Diberikan model teks eksposisi , siswa dapat memaknai isi teks hasil eksposisi
V. Materi Pembelajaran
• Struktur teks eksposisi
• Ciri bahasa teks eksposisi
• Makna kata dan Istilah
W. Metode Pembelajaran
Metode problem based learning, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi.
X. Media
1. Teks eksposisi
2. Gambar
3. Teks puisi
Y. Sumber Belajar
1. Buku siswa “Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan”
2. Contoh teks eksposisi dari internet
3. Contoh teks eksposisi dari media massa cetak
4. Buku referensi tentang genre teks

Z. Langkah-langkah Pembelajaran
5. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
4) Untuk menarik minat dan menggugah kesadaran siswa agar remaja memiliki pendidikan karakter, siswa mendengarkan pembacaan pidato “Pidato Bung Tomo pada 10 November 1945” (buku siswa hlm. 59)

b. Kegiatan Inti
Mengamati :
• Peserta didik membaca dua buah teks eksposisi argumentatif dan eksposisi persuasif secara cermat
Menanya
• Peserta didik dengan atau bantuan guru endorong menanya hal yang berkaitan dengan klasifikasi teks eksposisi
Mengeksplorasi
• Peserta didik membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks ekposisi
• Peserta didik mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori teks eksposisi argumentatif dan peruasif disertai alasan dan data
• Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah dituls kelompok/teman dari segi tesis dan merevisinya bila kurang sesuai
• Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah ditulis kelompok/teman lain dari segi argumen pendukung dan merevisinya bila kurang sesuai
• Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah ditulis kelompok/teman lain dari segi bahasa (struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca) dan merevisinya bila kurang tepat
Mengasosiasikan :
• Peserta didik membandingkan hasil pengklasifikasian teks eksposisi argumentatif dan persuasif dari hasil diskusi untuk memperkuat pemahaman
• Peserta didik membandingkan hasil penelahaan teks eksposisi dari segi bahasa untuk memperkuat pemahaman
Mengomunikasikan :
• Peserta didik menjelaskan klasifikasi teks eksposisi argumentatif dan persuasif dari segi struktur dan ciri-ciri bahasa
• Peserta didik mempresentasikan hasil penelahaan teks eksposisi dengan kalimat lugas dan percaya diri
• Peserta didik menanggapi presentasi teman dengan bahasa yang santun
c. Kegiatan Penutup
1) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks eksksposisi
2) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
3) Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks eksksposisi.
4) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
6. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan Inti
Mengamati :
• Peserta didik membaca dua buah teks eksposisi argumentatif dan eksposisi persuasif secara cermat
Menanya
• Peserta didik dengan atau bantuan guru endorong menanya hal yang berkaitan dengan klasifikasi teks eksposisi
Mengeksplorasi
• Peserta didik membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks ekposisi
• Peserta didik mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori teks eksposisi argumentatif dan peruasif disertai alasan dan data
• Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah dituls kelompok/teman dari segi tesis dan merevisinya bila kurang sesuai
• Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah ditulis kelompok/teman lain dari segi argumen pendukung dan merevisinya bila kurang sesuai
• Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah ditulis kelompok/teman lain dari segi bahasa (struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca) dan merevisinya bila kurang tepat
Mengasosiasikan :
• Peserta didik membandingkan hasil pengklasifikasian teks eksposisi argumentatif dan persuasif dari hasil diskusi untuk memperkuat pemahaman
• Peserta didik membandingkan hasil penelahaan teks eksposisi dari segi bahasa untuk memperkuat pemahaman
Mengomunikasikan :
• Peserta didik menjelaskan klasifikasi teks eksposisi argumentatif dan persuasif dari segi struktur dan ciri-ciri bahasa
• Peserta didik mempresentasikan hasil penelahaan teks eksposisi dengan kalimat lugas dan percaya diri
• Peserta didik menanggapi presentasi teman dengan bahasa yang santun
c. Kegiatan Penutup
1) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks eksposisi
2) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
3) Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks eksposisi
4) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan
7) Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
8) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
9) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti
Mengamati :
• Peserta didik membaca dua buah teks eksposisi argumentatif dan eksposisi persuasif secara cermat
Menanya
• Peserta didik dengan atau bantuan guru endorong menanya hal yang berkaitan dengan klasifikasi teks eksposisi
Mengeksplorasi
• Peserta didik membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks ekposisi
• Peserta didik mendiskusikan manakah dari kedua teks tersebut yang termasuk dalam kategori teks eksposisi argumentatif dan peruasif disertai alasan dan data
• Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah dituls kelompok/teman dari segi tesis dan merevisinya bila kurang sesuai
• Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah ditulis kelompok/teman lain dari segi argumen pendukung dan merevisinya bila kurang sesuai
• Peserta didik menelaah teks eksposisi yang telah ditulis kelompok/teman lain dari segi bahasa (struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca) dan merevisinya bila kurang tepat
Mengasosiasikan :
• Peserta didik membandingkan hasil pengklasifikasian teks eksposisi argumentatif dan persuasif dari hasil diskusi untuk memperkuat pemahaman
• Peserta didik membandingkan hasil penelahaan teks eksposisi dari segi bahasa untuk memperkuat pemahaman
Mengomunikasikan :
• Peserta didik menjelaskan klasifikasi teks eksposisi argumentatif dan persuasif dari segi struktur dan ciri-ciri bahasa
• Peserta didik mempresentasikan hasil penelahaan teks eksposisi dengan kalimat lugas dan percaya diri
• Peserta didik menanggapi presentasi teman dengan bahasa yang santun
b. Kegiatan Penutup
1) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks eksposisi
2) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
3) Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks eksposisi .
4) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
AA. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik Bentuk
Pengamatan Sikap Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis Tes Uraian dan Pilihan
Tes Unjuk Kerja Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik

 

2. Contoh Instrumen Penilaian
a. Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
No. Nama Siswa Religius Jujur Tanggung jawab Santun

Rubrik penilaian sikap
Rubrik Skor
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan 1

menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten 2
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten 3
menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten 4

b. Tes Tertulis
Tes Uraian
1) Berdasarkan teks eksposisi yang diberikan klasifikasikan teks tersebut !
2) Sebutkan perbedaan teks eksposisi argumentasi dengan teks eksposisi persuasif!
3) Telaahlah judul teks eksposisi yang kamu baca!
4) Telaahlah tesis teks eksposisi
5) Telaahlah eksposisi pendukung thesis
6) Telaahlah bahasa teks eksposisi: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

Kunci
5) Struktur Teks Kalimat
Definisi umum
Deskripsi bagian

Deskripsi manfaat
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

6) Ciri-ciri Teks Kalimat
Penggunaan kata sifat
Penggunaan kata kerja aksi

Penggunaan istilah-istilah teknis

Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
Pedoman Penskoran
No. Aspek dan Kriteria Skor
1. Kelengkapan
g. Struktur dan ciri-ciri teks eksposisi lengkap
h. Struktur dan ciri-ciri teks eksposisi kurang lengkap
i. Struktur dan ciri-ciri teks eksposisi tidak lengkap

2. Kesesuaian
g. Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks eksposisi dimaksud
h. Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks eksposisi dimaksud
i. Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks eksposisi dimaksud

c. Tes Unjuk Kerja
Tes uji petik kerja
3) Berdasarkan teks eksposisi, tentukan kalimat yang tentukan kalimat majemuk yang terdapat dalam teks tersebut!
4) Berdasarkan teks eksposisi, tentukan kalimat yang tentukan kalimat tunggal yang terdapat dalam teks tersebut!
Rubrik

Iklan

3 April 2014 - Posted by | Presentasi |

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: