Riyadi's Blog

Menggagas Wacana Guru Blogger

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII (Teks Eksposisi 2)

                      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 (RPP)

SatuanPendidikan               : SMP
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                   : VII/1
Materi Pokok                       : Teks Eksposisi
Tema                                  : Remaja dan Pendidikan Karakter
Subtema                            : Remaja dan Pendidikan Karakter
Alokasi Waktu                    : 9 x 40 menit (3 x Tatap Muka)

J. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

K. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.2 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
3.2 Membedakan teks hasil observasi,tanggapan diskripsi,eksposisi,eksplanasi,dan cerita pendek baik lisan maupun tulisan.
Indikator
1) membedakan teks eksposisi ,argumentasi,dan persuasif dilihat dari struktur isi.
2) membedakan teks eksposisi ,argumentasi,dan persuasif dilihat dari fiturbahasa.
4.2 Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
3) Menentukan langkah-langkah menyusun teks eksposisi
4) Menentukan tesis dari teks eksposisi
5) Menyusun argument pendukung tesis dalam teks eksposisi.
6) Menyusun simpulan teks eksposisi

L. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara lisan dan tulis sebagai bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2. Siswa menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
3. Siswa menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
4. Siswa menunjukkan perilaku santun dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
5. Siswa membedakan teks eksposisi ,argumentasi,dan persuasif dilihat dari struktur isi.
6. Siswa membedakan teks eksposisi ,argumentasi,dan persuasif dilihat dari fitur bahasa.
7. Menentukan langkah-langkah menyusun teks eksposisi
8. Menentukan tesis dari teks eksposisi
9. Menyusun argument pendukung tesis dalam teks eksposisi.
10. Menyusun simpulan teks eksposisi

M. Materi Pembelajaran
• Perbedaan teks eksposisi,argumentative,dan persuasif.
• Langkah-langkah menyusun teks eksposisi
• Struktur teks eksposisi
N. Metode Pembelajaran
Metode discovery learning, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi.
O. Media
1. Teks eksposisi, teks argumentatif, dan teks persuasif
2. Gambar , dan teks lagu .

P. Sumber Belajar
1. Buku Siswa berjudul “ Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan” halaman 60-67
2. LKS
3. Internet
Q. Langkah-langkah Pembelajaran
3. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap peduli terhadap kehidupan remaja yang berkarakter siswa diajak menyanyikan lagu berikut ini
Oh ibu dan ayah selamat pagi
Kupergi sekolah sampai kan nanti
Selamat belajar nak penuh semangat
Rajinlah selalu tentu engkau dapat
Hormati gurumu sayangi teman
Itulah tandanya kau murid budiman

b. Kegiatan Inti
Mengamati :
• Peserta didik membaca teks eksposisi dan teks deskrispsi

Menanya :
• Peserta didik dengan atau bantuan guru mempertanyakan tentang struktur teks eksposisi
• Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanya tentang langkah menyusun teks eksposisi

Mengeksplorasi :
Kelompok dan indivdu
• Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks eksposisi dan deskrispsi dari struktur isi
• Peserta didik mendiskusikan
• Peserta didik mengidentifikasi bahan-bahan yang akan digunakan untuk menulis teks eksposisi
• Peserta didik menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan struktur teks
• Peserta didik menentukan tesis
• Peserta didik menyusun teks eksposisi berdasarkan tesis dengan argumen yang mendukung
• Peserta didik membuat kesimpulan/penutup tulisan

Mengasosiasikan :
• Peserta didik membandingkan hasil penyusunan teks eksposisi dengan teman untuk memperkuat pemahaman terhadap teks

Mengomunikasikan :
• Peserta didik mempresentasikan hasil tulisan tentang teks eskposisi dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
• Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara lugas dan santun

c. Kegiatan Penutup
1. Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami perbedaan teks eksposisi,argumentasi,dan persuasi.
2. Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
3. Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami perbedaan teks eksposisi,argumentasi ,dan persuasi.
4. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.

2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
1. Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2. Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3. Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan Inti
Mengamati :
• Peserta didik membaca teks eksposisi dan teks deskrispsi
Menanya :
• Peserta didik dengan atau bantuan guru mempertanyakan tentang struktur teks eksposisi
• Peserta didik denganatau tanpa bantuan guru menanya tentang langkah menyusun teks eksposisi
Mengeksplorasi :
Kelompok dan indivdu
• Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks eksposisi dan deskrispsi dari struktur isi
• Peserta didik mendiskusikan
• Peserta didik mengidentifikasi bahan-bahan yang akan digunakan untuk menulis teks eksposisi
• Peserta didik menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan struktur teks
• Peserta didik menentukan tesis
• Peserta didik menyusun teks eksposisi berdasarkan tesis dengan argumen yang mendukung
• Peserta didik membuat kesimpulan/penutup tulisan
Mengasosiasikan :
• Peserta didik membandingkan hasil penyusunan teks eksposisi dengan teman untuk memperkuat pemahaman terhadap teks
Mengomunikasikan :
• Peserta didik mempresentasikan hasil tulisan tentang teks eskposisi dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
• Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara lugas dan santun
c. Kegiatan Penutup
1) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami langkah-langkah menulis teks eksposisi.
2) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
3) Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami langkah-langkah menyusun teks eksposisi.
4) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan
4) Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
5) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
6) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti
Mengamati :
• Peserta didik membaca teks eksposisi dan teks deskrispsi
Menanya :
• Peserta didik dengan atau bantuan guru mempertanyakan tentang struktur teks eksposisi
• Peserta didik denganatau tanpa bantuan guru menanya tentang langkah menyusun teks eksposisi
Mengeksplorasi :
Kelompok dan indivdu
• Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks eksposisi dan deskrispsi dari struktur isi
• Peserta didik mendiskusikan
• Peserta didik mengidentifikasi bahan-bahan yang akan digunakan untuk menulis teks eksposisi
• Peserta didik menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan struktur teks
• Peserta didik menentukan tesis
• Peserta didik menyusun teks eksposisi berdasarkan tesis dengan argumen yang mendukung
• Peserta didik membuat kesimpulan/penutup tulisan
Mengasosiasikan :
• Peserta didik membandingkan hasil penyusunan teks eksposisi dengan teman untuk memperkuat pemahaman terhadap teks
Mengomunikasikan :
• Peserta didik mempresentasikan hasil tulisan tentang teks eskposisi dengan penuh rasa percaya diri dan bahasa yang lugas
• Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara lugas dan santun

b. Kegiatan Penutup
1) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks eksposisi
2) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
3) Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks eksposisi.
4) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
R. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik Bentuk
Pengamatan Sikap Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis Tes Uraian dan Pilihan
Tes Unjuk Kerja Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik

2. Contoh Instrumen Penilaian
a. Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
Rubrik penilaian sikap
Rubrik Skor
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan 1

menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten 2
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten 3
menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten 4

b. Tes Tertulis
Tes Uraian
3) Analisislah tiga teks dibawah ini, termasuk teks apakah teks tersebut dilihat dari segi
a. Strukturnya
b. fitur bahasanya
c. isinya.
4) Buatlah teks eksposisi bertema Remaja dan Pendidikan Karakter, sesuai dengan langkah-langkah menulis teks eksposisi.
Kunci
3) Teks eksposisi yang disusun siswa Aspek yang dinilai

4) Struktur teks Kalimat
Tesis
Argumentasi
Simpulan
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
Pedoman Penskoran
No. Aspek dan Kriteria Skor
1. Kelengkapan
d. Struktur teks
e. Fitur bahasanya
f. Isinya

2. Kesesuaian
d. Tesis
e. Argumentasi
f. Simpulan

Iklan

3 April 2014 - Posted by | Presentasi |

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: