Riyadi's Blog

Menggagas Wacana Guru Blogger

RPP BAhasa Indonesia Kelas VII (Teks Eksplanasi 3)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      : VII/1
Materi Pokok          : Teks Hasil Eksplanasi
Tema                      : Peristiwa Alam (Teks Hasil Eksplanasi)
Subtema                 : Tsunami
Alokasi Waktu         : 6 x 40 menit (3 x Tatap Muka)

J. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

K. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
2.5 Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi peristiwa jangka pendek.
3.2 Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
Indikator
4) membedakan teks eksplanasi dan teks eksposisi dilihat dari struktur isi
5) membedakan teks eksplanasi dan teks eksposisi dilihat dari ciri-ciri bahasa (fitur bahasa)
4.2 Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4) menyusun kalimat dengan memperhatikan unsur kebahasaan
5) menyusun teks eksplanasi dengan sistematis dan logis
6) memaknai isi teks hasil eksplanasi

L. Tujuan Pembelajaran
10. Siswa menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara lisan dan tulis sebagai bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
11. Siswa menunjukkan perilaku percaya diri dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
12. Siswa menunjukkan perilaku peduli dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
13. Siswa menunjukkan perilaku santun dalam menanggapi hal-hal atau kejadian
14. Siswa dapat membedakan teks eksplanasi dan teks eksposisi dilihat dari struktur isi
15. Siswa dapat membedakan teks eksplanasi dan teks eksposisi dilihat dari ciri-ciri bahasa (fitur bahasa)
16. Siswa dapat menyusun kalimat dengan memperhatikan unsur kebahasaan.
17. Siswa dapat menyusun teks eksplanasi dengan sistematis dan logis
18. Siswa dapat memaknai isi teks eksplanasi

M. Materi Pembelajaran
1. Perbedaan struktur teks eksplanasi dan teks eksposisi
a. Struktur teks ekplanasi
b. Struktur teks eksposisi
c. Ciri bahasa teks eksplanasi dan teks eksposisi
2. Menyusun teks eksplanasi
a. Ide pokok paragraf dalam teks eksplanasi
b. Unsur kebahasaan
c. Menyusun teks eksplanasi (kelompok)
d. Menyusun teks eksplanasi (individu)

N. Metode Pembelajaran
Metode Problem Based Learning (PBL), diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi.
O. Media
1. Teks eksplanasi
2. Teks eksposisi
3. Gambar peristiwa
4. Teks artikel
P. Sumber Belajar
1. Buku Siswa : Buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan halaman 119 -124.
2. LKS
3. Media massa
Q. Langkah-langkah Pembelajaran
3. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
4) Untuk membangun konteks pembelajaran, dengan sikap
b. Kegiatan Inti
Mengamati
• Membaca teks hasil observasi dengan cermat
• Membaca contoh teks deskripsi
Menanya
• mendorong Peserta didik mempertanyakan tentang struktur dan ciri-ciri bahasa teks observasi
Mengeksplorasi
• Peserta didik mendiskusikan persamaan teks eksplanasi dan eksposisi dari struktur isinya
• Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks eksplanasi dan eksposisi dari fitur bahasanya
• Peserta didik memilih objek/fenomena yang hendak dijelaskan
• Peserta didik menuliskan pernyataan umum tentang objek/fenomena yang hendak dijelaskan (mis: proses fotosintesis, proses perkembangbiakan ikan, dll)
• Peserta didik menuliskan rangkaian tahapan/proses terkait dengan fenomena yang dijelaskan (tahapan fotosintesis)
• Peserta didik menuliskan simpulan
Mengasosiasi
• Membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks yang eksplanasi untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks eksplanasi
Mengomunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi
• Mempresentasikan hasil menyusun teks eksplanasi dengan bahasa yang lugas
c. Kegiatan Penutup
1) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks hasil eksplanasi
2) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
3) Dengan sikap percaya diri, peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks hasil eksplanasi.
4) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
4. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan Inti
Mengamati
• Membaca teks hasil observasi dengan cermat
• Membaca contoh teks deskripsi
Menanya
• mendorong Peserta didik mempertanyakan tentang struktur dan ciri-ciri bahasa teks observasi
Mengeksplorasi
• Peserta didik mendiskusikan persamaan teks eksplanasi dan eksposisi dari struktur isinya
• Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks eksplanasi dan eksposisi dari fitur bahasanya
• Peserta didik memilih objek/fenomena yang hendak dijelaskan
• Peserta didik menuliskan pernyataan umum tentang objek/fenomena yang hendak dijelaskan (mis: proses fotosintesis, proses perkembangbiakan ikan, dll)
• Peserta didik menuliskan rangkaian tahapan/proses terkait dengan fenomena yang dijelaskan (tahapan fotosintesis)
• Peserta didik menuliskan simpulan
Mengasosiasi
• Membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks yang eksplanasi untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks eksplanasi
Mengomunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi
• Mempresentasikan hasil menyusun teks eksplanasi dengan bahasa yang lugas
c. Kegiatan Penutup
1) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat menyusun struktur teks hasil eksplanasi
2) Dengan sikap percaya diri, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
3) Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks hasil eksplanasi.
4) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan
4) Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
5) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
6) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti
Mengamati
• Membaca teks hasil observasi dengan cermat
• Membaca contoh teks deskripsi
Menanya
• mendorong Peserta didik mempertanyakan tentang struktur dan ciri-ciri bahasa teks observasi
Mengeksplorasi
• Peserta didik mendiskusikan persamaan teks eksplanasi dan eksposisi dari struktur isinya
• Peserta didik mendiskusikan perbedaan teks eksplanasi dan eksposisi dari fitur bahasanya
• Peserta didik memilih objek/fenomena yang hendak dijelaskan
• Peserta didik menuliskan pernyataan umum tentang objek/fenomena yang hendak dijelaskan (mis: proses fotosintesis, proses perkembangbiakan ikan, dll)
• Peserta didik menuliskan rangkaian tahapan/proses terkait dengan fenomena yang dijelaskan (tahapan fotosintesis)
• Peserta didik menuliskan simpulan
Mengasosiasi
• Membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks yang eksplanasi untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan tentang teks eksplanasi
Mengomunikasi
• Mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi
• Mempresentasikan hasil menyusun teks eksplanasi dengan bahasa yang lugas
b. Kegiatan Penutup
1) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat menyusun struktur teks hasil eksplanasi
2) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
3) Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks hasil eksplanasi.
4) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
R. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik Bentuk
Pengamatan Sikap Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis Tes Uraian

2. Instrumen Penilaian
a. Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap
No. Nama Siswa Religius Jujur Tanggung jawab Santun

Rubrik penilaian sikap
Rubrik Skor
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan 1

menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten 2
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten 3
menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten 4
b. Tes Tertulis
Tes Uraian
3) Berdasarkan teks hasil eksplanasi yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks laporan hasil eksplanasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)
4) Berdasarkan teks hasil eksplanasi, identifikasi dan jelaskanlah ciri-ciri bahasa teks hasil eksplanasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
5) Susunlah teks hasil eksplanasi sesuai dengan gambar dengan memperhatikan sistematika dan logika!
Kunci
3) Struktur Teks Kalimat
Definisi umum
Deskripsi bagian
Deskripsi manfaat
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks

4) Ciri-ciri Teks Kalimat
Penggunaan kalimat efektif

Penggunaan fitur bahasa
Kesesuaian dengan struktur teks hasil eksplanasi

Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
Pedoman Penskoran
No. Aspek dan Kriteria Skor
1. Kelengkapan
d. Struktur dan ciri-ciri teks eksplanasi lengkap
e. Struktur dan ciri-ciri teks eksplanasi kurang lengkap
f. Struktur dan ciri-ciri teks eksplanasi tidak lengkap

2. Kesesuaian
d. Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks eksplanasi dimaksud
e. Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks eksplanasi dimaksud
f. Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks eksplanasi dimaksud

 

Iklan

3 April 2014 - Posted by | Presentasi |

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: