Riyadi's Blog

Menggagas Wacana Guru Blogger

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII (Teks Eksplanasi 1)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan : SMP
Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester     : VII/1
Materi Pokok         : Teks Eksplanasi
Tema                     : Peristiwa Alam
Subtema                : Gempa Bumi
Alokasi Waktu        : 6 x 40 menit (3 x tatap muka)

A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi.
3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
Indikator:
1) menjelaskan struktur teks eksplanasi,
2) menemukan ide pokok untuk menyusun teks eksplanasi,
3) menyusun teks eksplanasi.
4.1 Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.
Indikator:
1) memaknai kata dan istilah dalam teks eksplanasi,
2) memahami unsur kebahasaan teks eksplanasi,
3) memaknai isi teks eksplanasi.

C. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa menggunakan Bahasa Indonesia untuk memahami informasi secara lisan dan tulis sebagai bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2. Siswa menunjukkan perilaku jujur dalam menanggapi hal-hal atau kejadian.
3. Siswa menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menanggapi hal-hal atau kejadian.
4. Siswa menunjukkan perilaku santun dalam menanggapi hal-hal atau kejadian.
5. Diberikan model teks eksplanasii, siswa dapat menjelaskan struktur teks eksplanasi.
6. Diberikan modelteks eksplanasi, siswa dapat memahami unsur kebahasaan teks eksplanasi.
7. Diberikan model teks ekspanasi, siswa dapat memaknaikata dan istilah yang terdapat dalam teks teresebut.
8. Siswa dapat menemukan ide pokok untuk menyusun teks eksplanasi.
9. Diberikan model teks eksplanasi, siswa dapat memaknai isi teks eksplanasi.

D. MateriPembelajaran
• Struktur teks eksplanasi.
• Makna kata dan Istilah.
• Unsur kebahasaan.

E. MetodePembelajaran
Metode discovery learning, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi.

F. Media
1. Teks eksplanasi.
2. Gambar.
3. Teks puisi / lagu.

G. Sumber Belajar
1. Buku Siswa.
2. LKS.

H. Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4) Untuk menarik minat dan menggugah kesadaran siswa agar lebih mengenal peristiwa alam,siswa mendengarkan lagu/pembacaan puisi tentang peristiwa alam.

b. Kegiatan Inti
Mengamati :
• Memahami alam sekitar/lingkungan melalui gambar, tayangan, lagu, puisi, dll.
• Membaca teks eksplanasi dengan cermat
Menanya
• Peserta didik dengn atau tanpa bantuan guru menanya tentang teks eksplanasi ( struktur dan ciri-ciri bahasa)
• Peserta didik dengan atau tanpa menanya tentang kata atau istilah dalam teks eksplanasi
• Peserta didik dengan atau tanpa enanya hal yang berkaitan dengan isi tek eksplanasi
Mengeksplorasikan
• Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
• Mendiskusi kan struktur isi teks eksplanasi
(1) judul,
(2) pernyataan umum tentang suatu peristiwa atau suatu fenomena,
(3) rincian penjelasan yang berupa rangkaian paragraf yang menjelaskan tentang bagaimana sesuatu terjadi atau mengapa sesuatu terjadi, dan
(4) simpulan
• Peserta didik mendiskusikan ciri bahasa teks hasil eksplanasi (kata sambung untuk penahapan dan kata sambung yang menunjukkan sebab akibat)
• Peserta didik mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksplanasi yang dibaca
• Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasikan :
• Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi untuk memperkuat pemahaman tentang teks
• Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang isi teks eksplanasi untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan dalam memahami isi teks eksplanasi
Mengomunikasikan
• Menjelaskan teks eksplanasi dari segi struktur dan ciri bahasa yang runtut
• Menjelaskan isi teks eksplanasi dengan bahasa yang runtut

c. Kegiatan Penutup
1) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks eksplanasi.
2) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santunsiswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
3) Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks eksplanasi.
4) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.

2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
Mengamati :
• Memahami alam sekitar/lingkungan melalui gambar, tayangan, lagu, puisi, dll.
• Membaca teks eksplanasi dengan cermat
Menanya
• Peserta didik dengn atau tanpa bantuan guru menanya tentang teks eksplanasi ( struktur dan ciri-ciri bahasa)
• Peserta didik dengan atau tanpa menanya tentang kata atau istilah dalam teks eksplanasi
• Peserta didik dengan atau tanpa enanya hal yang berkaitan dengan isi tek eksplanasi
Mengeksplorasikan
• Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
• Mendiskusi kan struktur isi teks eksplanasi
(1) judul,
(2) pernyataan umum tentang suatu peristiwa atau suatu fenomena,
(3) rincian penjelasan yang berupa rangkaian paragraf yang menjelaskan tentang bagaimana sesuatu terjadi atau mengapa sesuatu terjadi, dan
(4) simpulan
• Peserta didik mendiskusikan ciri bahasa teks hasil eksplanasi (kata sambung untuk penahapan dan kata sambung yang menunjukkan sebab akibat)
• Peserta didik mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksplanasi yang dibaca
• Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasikan :
• Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi untuk memperkuat pemahaman tentang teks
• Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang isi teks eksplanasi untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan dalam memahami isi teks eksplanasi
Mengomunikasikan
• Menjelaskan teks eksplanasi dari segi struktur dan ciri bahasa yang runtut
• Menjelaskan isi teks eksplanasi dengan bahasa yang runtut

c. Kegiatan Penutup
1) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks eksplanasi.
2) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
3) Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka mengenai hambatan dalam memahami struktur teks eksplanasi.
4) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

 

 

Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
Mengamati :
• Memahami alam sekitar/lingkungan melalui gambar, tayangan, lagu, puisi, dll.
• Membaca teks eksplanasi dengan cermat
Menanya
• Peserta didik dengn atau tanpa bantuan guru menanya tentang teks eksplanasi ( struktur dan ciri-ciri bahasa)
• Peserta didik dengan atau tanpa menanya tentang kata atau istilah dalam teks eksplanasi
• Peserta didik dengan atau tanpa enanya hal yang berkaitan dengan isi tek eksplanasi
Mengeksplorasikan
• Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
• Mendiskusi kan struktur isi teks eksplanasi
(1) judul,
(2) pernyataan umum tentang suatu peristiwa atau suatu fenomena,
(3) rincian penjelasan yang berupa rangkaian paragraf yang menjelaskan tentang bagaimana sesuatu terjadi atau mengapa sesuatu terjadi, dan
(4) simpulan
• Peserta didik mendiskusikan ciri bahasa teks hasil eksplanasi (kata sambung untuk penahapan dan kata sambung yang menunjukkan sebab akibat)
• Peserta didik mendiskusikan kata-kata sulit dan istilah dalam teks eksplanasi yang dibaca
• Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks eksplanasi (pertanyaan literal, inferensial, integratif, kritis)
Mengasosiasikan :
• Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang struktur teks eksplanasi untuk memperkuat pemahaman tentang teks
• Peserta didik membandingkan hasil diskusi tentang isi teks eksplanasi untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan dalam memahami isi teks eksplanasi
Mengomunikasikan
• Menjelaskan teks eksplanasi dari segi struktur dan ciri bahasa yang runtut
• Menjelaskan isi teks eksplanasi dengan bahasa yang runtut
C. Kegiatan Penutup
5) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks eksplanasi.
6) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
7) Dengan sikap peduli, responsif, dan santun siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teks eksplanasi.
8) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
I. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik Bentuk
Pengamatan Sikap Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis Tes Uraian dan Pilihan
Tes Unjuk Kerja Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik

2. Contoh Instrumen Penilaian
a. Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap

Rubrik penilaian sikap
Skor

Ttidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan. 1
Menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten 2
Menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten. 3
Menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten. 4

b. Tes Tertulis
Tes Uraian
1) Berdasarkan teks eksplanasi yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks eksplanasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)
2) Tentukan ide pokok tentang peristiwa alam, kembangkan menjadi teks eksplanasi.
1) Struktur Teks Kalimat
Definisi umum
Deskripsi bagian
Deskripsi manfaat
* Catatan: Kalimat disesuaikan dengan teks.

2) Ide pokok Kalimat

* Catatan: Kalimat disesuaikan dengan teks.
Pedoman Penskoran
No. Aspek dan Kriteria Skor

1.  Kelengkapan
a. Struktur dan teks eksplanasi lengkap
b. Struktur dan teks eksplanasi kurang lengkap
c. Struktur dan teks ekslanasi tidak lengkap

2.  Kesesuaian
a. Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks eksplanasi dimaksud.
b. Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan teks eksplanasi dimaksud.
c. Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan teks eksplanasi dimaksud.

c. Tes Unjuk Kerja
Tes uji petik kerja
1) Berdasarkan teks laporan hasil observasi, tentukan makna kata atau istilah yang digarisbawahi pada teks eksplanasi tersebut!
2) Berdasarkan teks eksplanasi, tentukan makna teks laporan tersebut disertai dengan data yang mendukung!

 

Iklan

3 April 2014 - Posted by | Presentasi |

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: