Riyadi's Blog

Menggagas Wacana Guru Blogger

Bahan Ajar

BAHAN AJAR

Teknik perumusan tujuan agar mudah menetapkan bahan ajar :
Hilda Taba :
Tujuan hendaknya berdimensi dua :
a. Mengandung produk
b. Mengandung proses
Proses : menganalisis, menginterpretasi, mengingat, dsb.
Produk : bahan yang terdapat dalam mapel.
Menganalisis tujuan umum dan kompleks menjadi spesifik
Memberi petunjuk tentang pengalaman yang diperlukan untuk mencapai tujuan itu
Tujuan harus realistis
Tujuan harus komprehensif (pengetahuan, ketrampilan dan sikap).

2 “Dalam KK”Dalam KK, dikenal penggolongan tujuan dalam 3 kategori :
1. Ranah kognitif
2. Ranah psikomotorik
3. Ranah afektif
Khusus ranah kognitif Bloom membedakan menjadi 6 :
1. pengetahuan, informasi, fakta
2. pengertian, pemahaman
3. aplikasi, penerapan
4. analisis
5. sintesis
6. evaluasi, penilaian

3 “Scope dan Sequence bahan ajar”Scope dan Sequence bahan ajar

Scope : berapa banyak bahan ajar yang harus diberikan
Scope bahan ajar ditentukan oleh nilai2 yang dianut dan tujuan pendidikan

Sequence : bagaimana urutan bahan, apa yang lebih dahulu diajarkan dan apa yang kemudian.

4 “Urutan bahan pelajaran ditentukan oleh…”Urutan bahan pelajaran ditentukan oleh :
Kematangan anak
Latar belakang pengalaman dan pengetahuan
Tingkat intelegensi
Minat
Kegunaan bahan
Kesulitan bahan (Smith)

Dengan memperhatikan 6 hal tsb dapat ditentukan kapan bahan dapat diajarkan/ diberikan.

5 “Sequence berkenaan dengan 2 hal…”Sequence berkenaan dengan 2 hal :
Urutan isi/ bahan
Urutan pengalaman belajar
Sequence :
Mudah à sulit
Sederhana à kompleks
Keseluruhan à bagian2
Diketahui à belum diketahui
Urutan kronologis (duluà sekarang)
Kebalikan (sekarangàdulu)
Konkret à abstrak
Contoh2 konkret à generalisasi

6 “SOAL-SOAL”SOAL-SOAL

Apa sebab tujuan memegang peranan penting dalam pengembangan bahan kurikulum?
Jelaskan bagaimana tujuan mempengaruhi komponen2 lainya dalam kurikulum?
Jika anda menilai bahan KK saat ini, sumber manakah yang paling menonjol dalam penentuan tujuan?
Dalam perumusan tujuan selalu disebut tujuan yang bersifat kognitif, psikomotorik, dan afektif. Tujuan mana kiranya yang tidak mungkin dicapai dalam satu tujuan pelajaran?

7 KURIKULUM MUATAN LOKAL (LOCAL CURRICULUM)1. Pengertian Muatan Lokal
“ program pendidikan yang isi dan media penyampaianya dikaitkan dengan lingkungan”.

LINGKUNGAN 1. alam
2. sosial
3. budaya
4. kebutuhan daerah
ALAM 1. pantai
2. dataran rendah
3. dataran tinggi
4. gunung/pegunungan

8 “Sosial : lingkungan tempat terjadinya…”Sosial : lingkungan tempat terjadinya interaksi

SOSIAL 1. sekolah
2. keluarga
3. masyarakat

BUDAYA 1. bhs. Daerah
2. seni daerah
3. adat istiadat daerah
4. tata cara dan tata krama khas daerah

9 “Tujuan Langsung :”Tujuan Langsung :
Bahan pengajaran mudah diserap siswa
Sumber belajar daerah lebih dapat dimanfaatkan
Siswa dapat menerapkan pengetahuanya
Siswa lebih mengenal kondisi alam, lingkungan sosial dan budayanya
Tujuan tidak langsung :
Meningkatkan pengetahuan tentang daerahnya
Dapat menolong orang tua dan dirinya dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup
Akrab dengan lingkungan sendiri

10 “Kedudukan bahan ajar muatan lokal…”Kedudukan bahan ajar muatan lokal dalam KK
Mulok berposisi sebagai komponen KK
Penyampaiannya dapat melalui mata pelajaran tersendiri ataupun menjadi bahan kajian mapel
à Mapel : B.daerah. Pend. Kesenian, ketrampilan
à bag. Mapel : disiplin sekolah, sopan santun, kebersihan, keindahan, dsb.

80 % Kurnas
Kurnas

20 %

Kurikulum nas

Muatan Lokal dlm KK

11 “Fungsi Mulok :”Fungsi Mulok :
Fungsi penyesuaian
à program sekolah disesuaikan dengan kebutuhan lingkungan dan kebutuhan masyarakat
Fungsi Integrasi
à membentuk dan mengintegrasikan pribadi peserta didik dg masyarakat
Fungsi perbedaan
à disesuaikan minat, bakat, kemampuan dan kebutuhan peserta didik

12 “Melaksanakan Mulok dalam kegiatan kurikuler”

Iklan

30 Juni 2011 - Posted by | Presentasi |

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: