Riyadi's Blog

Menggagas Wacana Guru Blogger

Visi 2010 Amrih Rumaket

Mencari Visi 2010 yang Efektif

Seperti laiknya sebuah organisasi tanpa visi maka tidak kan jelas ke mana arah geraknya. Banyak nilai yang ditanamkan dalam sebuah organisasi melalui misi yang merupakan penjabaran dari visi. Meski visi sangat bergantung kepada pola kepemimpinan organisasi, namun perlu ada partisipasi aktif dari segenap anggota organisasi. Berikut saya kutip catatan dari http://heru.wordpress.com/2006/07/26/mereview-kembali-visi-misi-organisasi/ Saudara Heru dalam “Mereview kembali visi misi organisasi” di http://heru.wordpress.com/2006/07/26/mereview-kembali-visi-misi-organisasi/

Visi misi organisasi menjawab beberapa pertanyaan penting seperti: mengapa organisasi tersebut ada ? Siapa yang memerlukan organisasi ini ? Apa yang bisa diberikan organisasi kepada stakeholder ? Apa yang membuat organisasi ini berbeda dengan organisasi yang sejenis ? Pernyataan visi misi organisasi haruslah jelas, tidak terlalu abstrak serta mudah di mengerti. Visi misi menjelaskan role organisasi. Pernyataan visi misi organisasi harus luas untuk perkembangan dan pertumbuhan organisasi namun cukup untuk membuat jalannya organisasi tetap fokus dan terkendali.
Sering kali pernyataan visi misi organisasi kurang tepat menggambarkan tujuan organisasi sehingga sering di jumpai adanya kesulitan pada saat melakukan deploy visi misi menjadi set of action yang akan digunakan untuk mengukur kinerja organisasi dengan menggunakan metode balance scorecard.

Visi

Visi menggambarkan tujuan atau kondisi dimasa depan yang ingin dicapai. Visi memberikan gambaran yang jelas dimasa mendatang yang bisa dilihat oleh customer, stakeholders, dan employee.

Pernyataan visi yang bagus tidak hanya menginspirasikan dan menantang, namun juga sangat berarti sehingga setiap pegawai bisa menghubungkan tugas yang dilakukanya dengan visi. Pernyataan visi harus mampung menjadi inspirasi dalam setiap tindakan yang dilakukan setiap pegawai. Yang paling penting pernyataan visi harus measurable, terukur sehingga setiap pegawai bisa mengetahui apakah tindakan yang dilakukannya dalam rangka mencapai visi organisasi atau tidak.

Pernyataan visi yang baik harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:

* Succinct

Pernyataan visi harus singkat sehingga tidak lebih dari 3-4 kalimat.
* Appealing

Visi harus jelas dan memberikan gambaran tentang masa depan yang akan memberikan semangat pada customer, stakeholder dan pegawai.
* Feasible

Visi yang baik harus bisa dicapai dengan resource, energi, waktu. Visi haruslah menyertakan tujuan dan objective yang strecth bagi pegawai.
* Meaningful

Pernyataan visi harus bisa menggugah emosi positif pegawai namun tidak boleh menggunakan kata-kata yang mewakili sebuah emosi.
* Measurable

Pernyataan visi harus bisa diukur sehingga dimungkinkan untuk melakukan pengukuran kinerja sehingga setiap pegawai bisa mengetahui apakah visi sudah bisa dicapai atau belum. Sebagai contoh visi SCTV “satu untuk semua” yang berarti acara-acara SCTV harus bisa dinikmati semua kalangan, semua umur mulai balita sampai manula, cukup dengan melihat SCTV kebutuhan orang terhadap informasi & hiburan dan lain-lain bisa dipenuhi.

Jawaban pertanyaan “Siapa customer organisasi ini ?” akan menyediakan dasar untuk menentukan visi organisasi. Sedangkan jawaban atas pertanyaan “Kemana organisasi akan pergi ?” harus bisa dijawab oleh visi organisasi.
Untuk mewujudkan sebuah visi harus ada misi yang lebih detil dijabarkan dari visi tersebut. Berikut beberapa acuan tentang misi menurut Saudara Heru dalam tulisan “Mereview kembali visi misi organisasi” pada http://heru.wordpress.com/2006/07/26/mereview-kembali-visi-misi-organisasi/
Pernyataan misi yang baik haruslah memenuhi beberapa kriteria seperti berikut:

* Simple and Clear

Pernyataan misi harus dicukup diwakili oleh 2-3 pernyataan saja. Semua pernyataan tersebut harus sederhana dan jelas dimengerti serta tidak menggunakan jargon-jargon organisasi.
* Broad and long-term in future

Pernyataan misi organisasi harus cukup luas mengakomodasikan perkembangan organisasi di masa mendatang. Misi organisasi harus bisa menunjukan gambaran yang akan dicapai di masa depan dengan jelas. Pernyataan misi organisasi harus tetap valid pada 20 tahun mendatang sama seperti kondisi sekarang.
* Focus on the present

Pernyataan misi organisasi tidak boleh terlalu berorientasi pada masa depan sehingga kurang bisa fokus pada kondisi organisasi di masa sekarang.
* Easy to understand

Misi organisasi harus mudah dimengerti. Misi yang mudah dimengerti akan memudahkan mengkomunikasikan misi tersebut kepada anggota organisasi, stakeholder.

Bahwa dalam tahun 2010 ini Paguyuban Amrih Rumaket sudah sampai pada puncak realisasi misi pertama yaitu mewujudkan harapan anggota untuk rekreasi ke Bali naik pesawat terbang. Untuk merealisasi misi pertama tersebut kita harus memiliki kesepakatan dan komitmen seluruh anggota paguyuban, tanpa terkecuali.Uraian di atas barangkali dapat menjadikan bahan renungan untuk cek dan recek kembali khususnya bagi paguyuban Amrih Rumaket. Semoga bermanfaat.

Iklan

31 Desember 2009 - Posted by | Presentasi |

1 Komentar

  1. wah, ternyata begitu ya, pak. merumuskan visi dan misi pun ada aturannya, hehe … selamat tahun baru 2010, selamat menyongsong perubahan dan pembaharuan.

    Komentar oleh Sawali Tuhusetya | 31 Desember 2009


Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: