Riyadi's Blog

Menggagas Wacana Guru Blogger

Mengejar Target

Suatu hari, hari ini sebenarnya sudah ditargetkan bahwa aku, seseorang harus mencapai, mendapatkan dan memiliki sesuai jumlah atau kategori lainnya yang telah ditetapkan. Meski penetapan jumlah atau kategori lain itu bersifat pribadi, layak untuk dikoreksi ulang sebagaimana seseorang memiliki target waktu.

Betapa di penghujung tahun 2009 ini banyak target yang belum terealisasi, tapi pernahkah terpikirkan untuk mengevaluasinya atau merenungkannya. Berikutnya kita harus memasang ulang target yang tidak tercapai, tidak terdapatkan, atau tidak termiliki tersebut ke dalam target tahun 2010. Seorang aku, seseorang hidup juga harus mentargetkan diri sebagai wacana bertindak mengisi hidup ini, agar hidup ini, diri ini tidak tertelan angin, atau terseret arus kehidupan sekitar. Pendek kata hidup ini juga harus diikhtiarkan sebagai laiknya sebuah perusahaan memiliki target marketing.

Targeting sesungguhnya adalah strategi mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif. Karena sumber daya Anda selalu terbatas. Ini menyangkut bagaimana Anda melakukan ‘fitting’ perusahaan Anda ke dalam segmen target market yang Anda pilih. (http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/09/29/10262258/targeting.is.confirmation). Begitupun seseorang sebagai pribadi memerlukannya.

Sekedar membadingkan ulasan marketing perusahaan dengan privat marketing bahwa dalam perusahaan konsep targeting, biasanya ada tiga kriteria yang harus dipenuhi perusahaan mana pun atau seseorang pada saat mengevaluasi dan menentukan segmen mana yang mau dibidik atau dijadikan target.

Menurut Hermawan Kartajaya,Waizly Darwin dalam ulasannya di http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/09/29/10262258/targeting.is.confirmation – tiga kriteria yang harus dipenuhi adalah :

Yang pertama adalah memastikan bahwa segmen pasar yang Anda pilih itu cukup besar dan cukup menguntungkan bagi perusahaan. Selain itu pula dilihat betapa potensi pertumbuhan pasarnya. Mungkin sebuah pasar saat ini ada yang kecil dari segi ukurannya, namun ke pertumbuhannya pesat sehingga ke depannya berpotensi untuk menjadi pasar yang besar.

Kriteria kedua adalah strategi targeting ini harus didasarkan pada keunggulan kompetitif perusahaan yang bersangkutan. Keunggulan kompetitif merupakan cara untuk mengukur apakah perusahaan itu memiliki kekuatan dan keahlian yang memadai untuk mendominasi segmen pasar yang dipilih.

Kriteria ketiga adalah bahwa segmen pasar yang dibidik itu harus didasarkan pada situasi persaingannya. Anda harus mempertimbangkan situasi persaingan yang secara langsung atau tak langsung mempengaruhi daya tarik target segment Anda.

Seseorang pribadi, atau saya sendiri yang merasa diri memiliki target tahun 2009 dan tidak tercapai di penghujung tahun ini, tentu harus mentargetkan ulang pada tahun 2010. Setidaknya ini pandangan pribadi yang ingin menyikapi arah hidup tahun 2010 dengan target yang lebih tegas. Bagaimana dengan kau, anak-anakku sudahkah kaususun target tahun 2010 dengan mantap?

Iklan

31 Desember 2009 - Posted by | Cerpen |

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: