Riyadi's Blog

Menggagas Wacana Guru Blogger

Kultum Subuh Ramadhan

SHAUM ATAU PUASA

(Kuliah Subuh Ramadhan hari ke-1 Mushola Ar Rohman RT 04/RW 03 Kelurahan Kledung Karangdaelm Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo)

Shaum atau Puasa sebagai perwujudan rukun Islam yang ke-3. Rukun merupakan ‘perbuatan’ yang harus dijalani bagi yang percaya dan meyakininya. Shaum atau puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi seotang moslem. Di samping mengandung makna ibadah kepada Allah S.W.T. Shaum atau Puasa Ramadhan juga memiliki fungsi pendidikan, kesehatan, penempaan jiwa dan dampak social. Dalam hal ini Para ilmuwan pun telah memberikan dukungan dan pandangan bahwa shaum atau puasa membawa manfaat terhadap perkembangan jiwa dan raga.

Shaum atau Puasa menjadikan tegar jiwa, moral serta jalinan social yang kuat. Shaum atau Puasa juga dapat dijadikan landasan ‘tetirah’ serta ‘pengendalian’ pribadi dan hawa nafsu. Ketika menjalankan kewajiban ibadah shaum atau puasa Ramadhan ini kita dapat merasakan kebutuhan untuk sabar terhadapat segala tindakan atau perlakan orang-orang yang berada di sekeliling kita. Begitu pun dengan puasa dapat meneguhkan kita untuk tidak ingkar janji, mengemban amanah, dan menjauhkan diri dari perilaku julik.

Rasa lapar dan dahaga menjadikan kita ikut merasakan betapa pedih mereka yang seharian berada dalam kelaparan. (Kepekaan sosial : merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, dan kesalehan sosial : berbuat dan bertindak untuk meringankan beban penderitaan orang lain). Begitu pun dapat menimbulkan rasa lain yang dalam keseharian tidak pernah kita rasakan.

Dampak lain dari shaum atau puasa terhadap kesehatan badan antara lain menjadi pengendali “mesin tubuh”. Ibarat sebuah mobil harus turun mesin setelah dipakai 5 atau 6 tahun. Begitu pun perut kita yang telah bertahun-tahun “operasi kerja” kalau tidak pernah “turun mesin” dalam arti istirahat dapat menjadi “lelah” dan sakit atau bahkan rusak dan ‘mogok’. Maka menjadi sebuah ‘kebetulan’ Allah S.W.T. memerintahkan kita berpuasa di bulan Ramadhan sekaligus sebagai wahana “turun mesin” tersebut, di samping tujuan utamanya untuk meningkatkan iman dan takwa kita terhadap Allah S.W.T.

Demikianlah sekelumit uraian tentang Shaum ini dengan harapan semoga ibadah shaum kita mendapatkan berkah serta diterima oleh Allah S.W.T. Amien.

About these ads

11 Agustus 2010 - Posted by | Presentasi |

Maaf, form komentar ditutup saat ini.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: